UM Metro – Libur adalah suatu hari yang ditunggu bagi setiap orang khususnya masyarakat di Indonesia. Tak bisa di pungkiri bahwa hari libur adalah hari yang paling di nanti-nantikan oleh khalayak ramai. Namun sayangnya hal itu tidak berlaku untuk dosen di Perguruan Tinggi (PT). Salah seorang dosen yang mengajar di UM Metro Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed. masih tetap beraktifitas di kantornya kendati hari itu adalah tanggal merah atau hari libur nasional, selasa (28/3/17).

Sebagaimana tugas seorang dosen yang merujuk kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi bahwa mereka tidak hanya bertugas sebagai pengajar namun juga sebagai peneliti dan mengabdi kepada masyarakat. Ihsan sapaan akrabnya di lingkungan UM Metro senantiasa memanfaatkan waktu liburnya untuk melakukan penelitian.

Hari ini adalah hari ke sekian waktu liburnya ia manfaatkan untuk melangsungkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ihsan menuturkan bahwa seorang dosen harus pintar-pintar memanfaatkan waktu agar ia mampu melaksanakan kewajiban seorang dosen dengan maksimal.

“Orang sukses tidak dimanage oleh waktu tapi orang sukses adalah yang bisa memanage waktunya sendiri. Sebagai seorang dosen, tidak ada waktu luang bagi kami melainkan kami harus memanfaatkannya untuk mengerjakan kewajiban kami yang lain,” terang Ihsan saat sedang melakukan aktifitas di ruang kerjanya di Pascasarjana UM Metro selasa (28/3/17).

“Saya rasa tidak hanya saya saja yang seperti ini, hampir semua dosen di Indonesia melakukan hal yang sama. Rekan kerja saya senantiasa melakukan apa yang saya lakukan, kadang kami melakukannya dengan bersama-sama,” pungkasnya. (Al-Bayurie¦Hum)

Tinggalkan Balasan